84 Kali dilihat
Nilai Berita :

Serukalsel.com – Dalam rangkaian kegiatan Sidang Umum Interpol ke-87 yang berlangsung di Madinat Jumeirah Convention & Events Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, dari tanggal 18 sampai dengan 21 November 2018, Kapolri Jenderal Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. melaksanakan tatap muka dengan diaspora Indonesia di Dubai.

Acara yang digelar oleh KJRI Dubai tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 warga negara Indonesia. Acara diawali dengan kata pengantar oleh Konjen RI di Dubai Bapak Hasan dan sambutan Dubes RI untuk Uni Emirat Arab. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Kapolri dan ditutup dengan tanya jawab, makan malam bersama, dan ramah tamah.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk UEA Bapak Husin Bagis menyampaikan bahwa warga negara asing, termasuk warga negara Indonesia yang berada di UEA, merupakan tulang punggung aktivitas ekonomi negara UEA. Mereka memainkan peran penting dalam menjamin keberlangsungan berbagai aktivitas ekonomi di UEA.

Banyak warga negara Indonesia di UEA yang berhasil menduduki jabatan-jabatan strategis di berbagai perusahaan besar. Namun demikian memang harus diakui bahwa sebagian besar warga negara Indonesia di UEA merupakan tenaga kerja dengan keterampilan terbatas dan menjalani profesi sebagai asisten rumah tangga.

Banyak di antara mereka yang mendapatkan tindak kekerasan dari majikan dan agen penyalur tenaga kerja, tidak mendapatkan gaji sesuai yang dijanjikan, bahkan tidak mendapatkan gaji sama sekali. Oleh karena itu Perwakilan RI di UEA hadir untuk memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik bagi seluruh warga negara Indonesia.

Kapolri dalam sambutannya mengungkapkan bahwa berbagai kajian akademik menempatkan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia. Bahkan di tahun 2045, Indonesia diprediksi akan menempati posisi keempat negara dengan kekuatan ekonomi terbesar. Salah satu proyeksi tersebut diungkap oleh PriceWaterhouseCoopers berdasarkan data IMF dan Bank Dunia.

Dalam kaitan tersebut, Indonesia juga berpotensi menjadi salah satu negara dominan dalam percaturan ekonomi dan politik dunia. Indonesia memenuhi 3 syarat utama untuk menjadi negara dominan, yaitu jumlah tenaga kerja yang besar, sumber daya alam yang melimpah, dan luas wilayah yang besar.

Dua syarat yang harus dipenuhi untuk mewujudkan capaian tersebut adalah terpeliharanya stabilitas politik dan keamanan, serta terjaganya pertumbuhan ekonomi di atas 5% per tahun.

Oleh karena itu, Kapolri mengajak seluruh hadirin untuk menjaga optimisme dan terlibat aktif sesuai bidang masing-masing dalam mendukung terwujudnya Indonesia sebagai salah satu negara dominan di dunia. Jaga stabilitas politik dan ekonomi, jangan sampai terjadi konflik dalam Pemilu 2019, serta hindari politisasi SARA yang dapat memecah belah bangsa.

Kapolri juga mengajak warga negara Indonesia di UEA untuk terlibat dalam pembangunan ekonomi Indonesia, sesuai bidang masing-masing.

Dalam tanya jawab, salah seorang diaspora menanyakan kepada Kapolri tentang jaminan keamanan terkait penyelenggaraan Pemilu 2019 yang dikhawatirkan akan berlangsung sangat keras.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri menjamin bahwa Pemilu 2019 akan berlangsung aman dan lancar. Masyarakat tidak perlu takut maupun khawatir. Selama TNI dan Polri selaku pilar utama NKRI kompak, solid, dan hidup rukun, maka Pemilu 2019 akan terselenggara dengan aman dan lancar.

Dalam acara tersebut, Kapolri juga menyempatkan diri untuk meninjau dan melakukan tanya jawab dengan ratusan tenaga kerja wanita Indonesia yang tengah menghadapi permasalahan. Kapolri mendengar secara langsung berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para tenaga kerja wanita Indonesia.

Sebagai tindak lanjut, Kapolri akan merumuskan strategi baru dalam melaksanakan perlindungan kepada tenaga kerja wanita Indonesia sejak awal proses perekrutan. Polri berkomitmen untuk menindak tegas para pelaku kejahatan dalam pengiriman tenaga kerja di luar negeri.

Kegiatan yang dilaksanakan di KJRI Dubai tersebut berlangsung dalam suasana yang penuh keakraban dan kekeluargaan. Acara ditutup dengan makan malam dan foto bersama oleh seluruh hadirin.

Please follow and like us: