1.809 Kali dilihat
Nilai Berita :

Serukalsel.com, Banjarmasin – Kabar bahagia datang kepada masyarakat Banjarmasin atau sekitarnya yang ingin melihat dan menaiki langsung KRI dr Soeharso.

Pasalnya, kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS) yang ada dijajaran Satuan Kapal Bantu Komando TNI AL tersebut sejak Jumat (4/1/2018) pagi, dibuka secara umum.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh komandan KRI dr Soeharso, Letkol (P) Joko Setyono yang semula membawa anggota Satgas Bencana Alam Palu.

“Betul, jadi hari ini kami open ship. Buat teman-teman atau adik-adik sekolahan yang ingin ke KRI dr Soeharso silahkan datang ke pelabuhan Trisakti Banjarmasin,” kata Joko.
Ia mengatakan rencananya open ship akan dibuka sejak pukul 8.00 hingga nanti pukul 11.00. Hal itu menurutnya karena, Jumat (4/1/2018) siang, mereka akan harus berlayar pulang lagi ke pangkalan Surabaya.

Komandan KRI dr Soeharso itu juga mengatakan pasca bencana alam di Palu sendiri pihaknya sudah melakukan penanganan secara total selama tiga minggu pasca awal gempa dan tsunami.
Sedangkan saat ini, dengan misi yang berbeda, kedatangannya dari provinsi tertimpa bencana, Joko mengaku hanya membantu pergeseran material dan pasukan saja.

” Ada sekitar 283 pasukan kemarin kami bawa, namun sebagian sudah diturunkan di Balikpapan, sedangkan sisanya atau 58 personel diturunkan di Banjarmasin, ” jelasnya.

Dilansir Wikipedia, KRI dr Soeharso (990) sebelumnya bernama KRI Tanjung Dalpele (972), adalah kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS). Awalnya kapal ini berfungsi sebagai Bantu Angkut Personel (BAP) bernama KRI Tanjung Dalpele (972), karena perubahan fungsi maka pada tanggal 17 September 2008 di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, dikukuhkan oleh KASAL saat itu Laksamana TNI Slamet Soebijanto jadi KRI dr Soeharso. (B.Post)

Please follow and like us: