139 Kali dilihat
Nilai Berita :

Serukalsel.com, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan Herawanto mengatakan, produksi kopi lokal di Kalimantan berpotensi untuk dikembangkan karena aroma dan rasanya khas.

“Sayangnya berdasarkan Kepmentan No. 830/2016 tentang Lokasi Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional, Kalimantan tidak termasuk dalam kawasan pengembangan kopi nasional,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank IndonesiaKalsel Herawanto, di Banjarmasin, Kamis(23/11).

Menurut dia, potensi pengembangan kopi di Kalimantan sangat besar, mengingat berdasarkan data statistik perkebunan di Indonesia produksi kopi Kalimantan tahun 2017 sebesar 6.835 ton atau 1,07 persen dari total produksi kopi di Indonesia.

Posisi produksi kopi Kalimantan, kata dia, masih di bawah Sumatera yang mencapai 436.306 ton atau 63,44 persen dari produksi nasional, tetapi di atas produksi kopi Maluku dan Papua sebear 2.629 ton atau 0,41 persen dari produksi nasional.

Meski di bawah produksi Kalimantan, jelas dia, kopi Papua termasuk dalam kawasan pengembangan kopi nasional, dan ini menjadi perhatian semua pihak terkait di Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan.

Melalui Duta Borneo Coffee Festival 2018, harap dia, dapat diketahui secara nasional, sehingga Kalimantan bisa menjadi salah satu kawasan pengembangan kopi nasional seperti Papua.

Bahkan, ungkap dia, melalui Duta Borneo Caffee Festival 2018 mampu mengenalkan dan mengedukasi kopi, terutama kopi lokal Kalimantn Selatan serta dapat dijadikan salah satu event agenda nasional, sehingga pada akhirnya dapat menggerakan sektor pariwisata Kalsel.

Dia mengemukakan, untuk mengembangkan kopi lokal Kalsel seperti, Aaranio, Pengaron, Mataraman, Biih dan lainnya diperlukan strategi antara pemangku kepentingan di Kalsel.

Terpisah, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengungkapkan, sangat mendukung upaya Bank Indonesia dalam pengembangan kopi di Kalsel karena saat ini di Banjarmasin mulai berkembang kafe kopi dari berbagai daerah di Indonesia. (Akurat)

Please follow and like us: